Cara Budidaya Ikan Arwana yang Baik dan Benar

1 min read

cara budidaya ikan arwana

Cara Budidaya Ikan Arwana yang Baik dan Benar – Budidaya ikan arwana memang menjanjikan. Harganya tidak main-main, anda bisa mendapatkan laba yang menggiurkan sekali karena jenis ikan ini bisa mencapai ratusan juta perekornya. Makanya, tak heran jika anda juga menginginkannya untuk menggemukkan saku anda.

Sebelum anda sampai pada cara pembudidayaan, terlebih dahulu apakah diperbolehkan untuk membudidayakan ikan tersebut? Kami belum tahu pasti mengenai itu, yang kami tahu adalah jika hal itu dilakukan untuk melestarikannya, kami rasa diperbolehkan. Namun, mengenai pembudidayaan ikan yang terbilang dalam perlindungan UU, maka akan lebih baik jika anda memiliki ijin resminya.
Nah, langsung saja pada cara anda membesarkan dan tepatnya ikut berpartisipasi dalam melestarikan keberadaan ikan arwana ini. Yang perlu anda lakukan adalah sebagi berikut.

Cara Budidaya Ikan Arwana

1. Membuat 2 Kolam Ukuran Besar

2 kolam berukuran besar akan membantu anda dalam budidaya ikan arwana. Pasalnya tujuan anda adalah untuk mengembangbiakkan jenis ikan ini. Dan, dua kola mini dimaksudkan untuk memisahkan indukan dengan anakan yang nantinya akan menjadi cara utama anda dalam meraih sukses.

Baca Juga : Mengenal Jenis Jenis Ikan Arwana dan Harganya, Terlengkap !!

Ya, kolam pertama adalah tempat dimana anda menaruh indukan. Anda perlu tahu jika anda seharusnya memisahkan indukan dengan anakan supaya jumlah ikan arwana kecil tadi tidak habis dimakan oleh indukannya. Ketika indukan mulai bertelur, pastikan anda untuk menaruh dikolam yang lainnya.

Kolam yang kedua adalah untuk anak ikan arwana. Disini, memang kami bedakan untuk memberikan pakan dengan cara yang tepat sehingga kolam yang satu ini memang sangat penting bagi anda dalam pertumbuhan ikan.

2. Pemberian Pakan Ikan

Pada ikan dewasa, anda mungkin akan mudah dalam pemberian makan. Ya, anda hanya perlu memberi makan dengan udang ,kodok atau jangkrik, bahkan ikan kecil lainnya. Pemberian makan dalam keadaan masih hidup sangat dianjurkan untuk mengembalikan insting alami ikan arwana tadi.

Berbeda dengan ikan yang masih kecil, anda sangat tepat jika anda memberi pakan dengan cacing sutra dan tentunya nutrisi lain yang mudah untuk dimakan ikan kecil. Disini, anda harus berhati-hati karena anda harus mencermatinya dengan hati-hati supaya pertumbuhan ikan benar-benar terjadi.

Setelah ikan sudah mencapai 10cm, anda bisa mengganti makanannya dengan udang. Oh ya, dalam budidaya ikan arwana ini, anda juga perlu memperhatikan juga suhu dan ketenangan air. Suhu yang pas adalah sekitar 26-30 celcius, ini adalah suhu dimana ikan arwana akan tumbuh sehat.

Selain itu, jaga ketenangan dan kejernihan air. Jika anda membiarkan air dalam kolam tidak tenang, maka ikan akan saling bertubrukan yang akhirnya akan melukai bagian tubuhnya, bahkan akan membuatnya stress dan akhirnya anda akan gagal dalam berternak. Sama halnya jika anda tidak menjaga kejernihan airnya. Makanya anda perlu untuk mengganti air, dan jaga ketenangannya.

Oke, kami cukupkan dulu tentang budidaya ikan arwana, semoga anda bisa mengaplikasikannya sebagai perwujudan untuk melestarikan dari kepunahan.

Perbedaan Arwana Silver dan Platinum Disertai Ciri-Cirinya

Perbedaan Arwana Silver dan Platinum Disertai Ciri-Cirinya – Ikan arwana platinum memiliki kesamaan dengan arwana silver biasa. Jadi, ketika Anda ingin membeli jenis arwana...
firman196
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *