Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula Lengkap

2 min read

cara ternak guppy

Pada artikel kali ini indobettafish.com akan membahas tentang Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula Lengkap yang dapat kalian jadikan referensi jika kalian ingin memulai usaha budidaya ikan guppy. Ikan guppy atau Poecilia reticulata adalah ikan yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan penghias akuarium. Kemudian lepas ke alam bebas dan berkembang biak dengan cepat. Ikan guppy bisa ditemukan di hampir seluruh perairan air tawar di Indonesia. Ikan guppy banyak dipelihara karena keindahan warna dan coraknya. Karena ikan guppy memiliki karakteristik dasar yang indah, maka ikan tersebut dikembangbiakkan dan disilangkan dengan jenis ikan guppy dengan corak warna berbeda lainnya, sehingga menghasilkan jenis ikan guppy terbaru dan semakin indah dengan warna dan corak yang menarik pencinta ikan hias.

Ikan Guppy ( poecilia reticulata ) termasuk  ikan hias yang mudah di kawinkan sepanjang tahun tanpa mengenal musim dan tidak membutuhkan perlakuan khusus, asalkan airnya dan tidak terlalu padat. Pada air yang kesadahanya kurang, guppy masih bisa berkembang biak. Namun, hal tersebut akan berpengaruh ke kualitas ikan baik warna dan bentuk ekor. Sehingga sebaiknya jika anda ingin memulai usaha ini perhatikan kualitas airnya yang sesuai dengan persyaratan air untuk ikan guppy sendiri.

Baca Juga : Kualitas Air Yang Bagus Untuk Ikan Cupang

Cara Ternak Ikan Guppy

Dalam memulai usaha budidaya ikan guppy ada beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan agar anda berhasil mengembangbiakkan ikan tersebut yang tentunya juga dapat memperoleh warna yang maksimal. Berikut adalah tahap-tahapan yang telah indobettafish.com rangkum untuk kalian :

1. Pemilihan Indukan Ikan Guppy

Hal pertama yang harus kita perhatikan saat ingin beternak ikan guppy adalah pemilihan indukan. Proses ini akan sangat berpengaruh terhadap hasil anakan guppy kalian nantinya dimana jika indukan yang kalian gunakan untuk beternak adalah indukan yang bagus maka kemungkina anakannya yang bagus pun akan semakin banyak. Untuk membedakan induk betina dan jantan guppy tidaklah sulit. Seperti halnya ikan cupang, warna tubuh guppy jantan  jauh lebih bagus dibanding betina. Guppy jantan badannya ramping, sirip ekornya sangat lebar dengan warnanya yang sangat indah dan kontras, sirip punggungnya lebih panjang, dan kelaminya menonjol. Sementara guppy betina lebih besar dan agak buncit, warna sirip ekor kurang kontras, sirip punggung lebih pendek, dan kelaminya hanya berbentuk lubang biasa.

Kendati mudah di bedakan, dalam memilih induk guppy sebenarnya agak susah, terutama pada betina karena sering kali kali terjadi induk betina yang dikawinkan sudah hamil tanpa di ketahui asal usul dan kualitas jantan yang menghamilinya. Hal ini tentu menyebabkan keturunan yang dihasilkan tidak terjamin kualitasnya. Dengan demikian, satu-satunya cara untuk mendapatkan induk guppy yang bagus dengan membeli calon induk ( Bakalan ) yang bisa di percaya dan di yakini belum pernah kawin, kemudian dipasangkan dengan jantan yang telah diseleksi. induk guppy yang pantas dikawinkan adalah yang berumur 3 sampai 4 bulan dengan ukuran induk jantan telah mencapai panjang 3 sampai 4 cm dan betina 4 sampai cm.

perbedaan ikan guppy jantan dan betina
perbedaan ikan guppy jantan dan betina

2. Pemijahan Induk

Cara ternak guppy yang kedua adalah cara pemijahan induk ikan guppy. Ikan Guppy merupakan ikan yang berukuran relatif kecil sehingga pemijahannya tidak memerlukan tempat yang luas. Pemijahan dilakukan di dalam akuarium atau ember. Tanaman air tidak terlalu dibutuhkan, tetapi dapat ditambahkan asalkan tidak terlalu banyak. Suhu air optimal untuk pemijahannya 23 sampai 26 derajat celcius, dengan pH lebih dari 7 dan kesadahan air lebih rendah. Aliran air yang dibutuhkan dalam pemijahan tidak perlu besar cukup sebesar lidi saja. Kedalam bak ukuran 1 m x 2 m dapat dimasukkan hingga 200 ekor betina dan diperlukan kira-kira 20 ekor jantan. Bila menggunakan akuarium lebih besar, cukup di isi 50 ekor betina dengan 5 ekor jantan. Setiap induk biasanya mampu menghasilkan 20 sampai 50 ekor anak. Perkawinannya dapat terjadi setiap waktu tidak tergantung musim. Induk kembali matang telur siap kawin dalam jangka waktu sebulan sejak melahirkan anak terakhir.

Menurut para pakar, dalam sekali berhubungan, sperma induk jantan dapat bertahan dalam tubuh induk betina hingga 6 bulan. Ini berarti selama 6 bulan induk betina masih dapat melahirkan anak walaupun tidak dikawini induk jantan.

3. Pemeliharaan Pasca Pemijahan

Benih mulai terlihat pada hari ke-7 sampai 8 sejak induk dilepaskan, tetapi tidak semua induk betina guppy melahirkan secara bersamaan. Oleh karena itu, secara bertahap benih bisa diambil 2-3 hari sekali dan langsung di pelihara dalam bak pendederan, jangan di tunggu terlalu lama sampai semua induk melahirkan. Benih yang akan dipelihara dalam bak pendederan sebaiknya dilepaskan pagi atau sore hari disaat suasana tidak panas.

Ukuran bak pendederan 2 x 2 m atau 2 x 3 m. setelah di isi air 30 cm, benih bisa di tebar sebanyak 2000-3000 ekor dengan lama pemeliharaan sampai 2 bulan. Penggantian air selama pemeliharaan tidak mutlak. Namun, jika bak pemeliharaah tidak di beri aliran air secara terus menerus, penggantian air perlu dilakukan 2 minggu sekali sebanyak 2/3 bagian.

Benih diberi pakan berbentuk tepung halus yang ditebarkan merata ke seluruh permukaan air sebanyak 2-3 kali sehari. Pakan alami yang paling cocok adalah infusoria, kutu air yang masih kecil dari hasil penyaringan. Untuk memacu pertumbuhan, selama 2 minggu akhir pemeliharaan di beri pakan alami yang lain seperti cacing sutra yang telah dibersihkan pada air mengalir.

Demikian artikel Cara Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula Lengkap ini semoga menjadi gambaran untuk membudidayakan ikan hias yang indah dan anggun ini. Baca juga artikel lainnya : Jenis Ikan Guppy Termahal Didunia?

Perbedaan Arwana Silver dan Platinum Disertai Ciri-Cirinya

Perbedaan Arwana Silver dan Platinum Disertai Ciri-Cirinya – Ikan arwana platinum memiliki kesamaan dengan arwana silver biasa. Jadi, ketika Anda ingin membeli jenis arwana...
firman196
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *