Perawatan Burung Kapas Tembak Agar Mempunyai Suara Keras Dan Panjang

4 min read

Sebelum mengulas lebih jauh tentang perawatan burung kapas tembak agar mempunyai suara keras dan panjang alangkah baiknya jika kita menyamakan persepsi tentang ciri-ciri kapas tembak terlebih dahulu. Kapas Tembak, bagi sebagian orang disebut pula sebagai jenggot tembak dan atau sebaliknya. Namun, apakah 2 nama ini merupakan representasi dari 1 burung?

Berdasarkan pada beberapa sumber yang ada di media cetak maupun online, Kapas Tembak merupakan jenis tersendiri dan tidak dapat disamakan dengan jenggot tembak. Yang paling mudah untuk di pahami yaitu kapas tembak yaitu mempunyai postur lebih kecil dari jenggot tembak. Ciri mendasar dari kapas tembak adalah jenggot yg berbentuk seperti kapas serta warna dada yang cenderung putih keabu-abuan. Sementara jenisenggot tembak memiliki dada yang berwarna kuning kecoklatan dan hampir menyerupai kulit pisang yang sudah hampir busuk.
Karakter suara tembakan yang tajam diselingi dengan kicauan khas burung yang lebih mirip cucak jenggot ini , membuatnya semakin disukai oleh kicaumania nusantara, tidak hanya itu, mudahnya merawat burung ini adalah salah satu faktor banyaknya peminat, dan merawat burung kapas tembak agar gacor juga bisa dilakukan dengan mudah.

Pemilihan Bahan Burung Jenggot Tembak Dan Burung Kapas Tembak Yang Baik Adapun cara  penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan burung  atau bakalan kapas tembak. Yuk kita simak seperti di bawah ini. Berdasarkan postur badan , pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi.

Bentuk paruh , sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata. Pilihlah burung kapas tembak yang mempunyai postur badan , yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi sejajar dengan garis sayap.
Pilihlah burung kapas tembak yang mempunyai sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat , ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung. Pilihlah burung yang lincah dan bernafsu makan besar dan ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
Rajin bunyi, ini menandakan burung tersebut memiliki prospek yang bagus. Warna bulu kering, diyakini memiliki tembakan suara yang sangat tajam. Memiliki Jambul dan Jenggot yang lebih besar. Burung akan mempunyai wibawa yang besar apabila berhadapan dengan burung cucak jenggot dan burung Kapas tembak lain.

Perawatan Burung Kapas Tembak Agar Mempunyai Suara Keras Dan Panjang

Perawatan Burung Kapas Tembak Agar Mempunyai Suara Keras Dan Panjang

  • Mandikan burung ini setiap pagi dengan semprot sprayer atau keramba Jangan lupa menjemurnya hingga cukup lalu kerodong sampai jam 15.00 Setelah itu mandikan lagi di sore harinya .
  • Beri juga EF berupa kroto 1 sdt habis mandi paginya, selanjutnya berikan UH atau jangkrik 4-5 ekor. (pagi-sore) Masterkan burung ini dengan audio master dimalam hari ketika istirahat dan dikerodong pada jam 10 malam.
  • Lakukan Pengumbaran dan pemasteran pada burung kapas tembak secara teratur untuk melatihnya.

Perawatan Dan Setelan Pada Masa Burung Kapas Tembak Mabung.

Perawatan Dan Setelan Pada Masa Burung Kapas Tembak Mabung.

Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan burung pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung menjadi rusak.Pada masa mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu.Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung kapas tembak.Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

Berikut ini Pola Perawatan masa mabung:

  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari.
  • Pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Stelan Jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, Kroto 1 sendok makan setiap pagi dan Ulat Hongkong 3 ekor setiap pagi.
  • Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu.
  • Perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah dicerna sehingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Disamping itu buah Pepaya banyak mengandung banyak vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung.
  • Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Mengumbar Burung Kapas Tembak

Manfaat yang bisa diraih dari mengumbar burung adalah mendapatkan burung yang sehat dan rajin berkicau, burung menjadi lebih ramping dan langsing karena lemak di dalam tubuhnya akan terkuras dengan sering dan giat berolahraga. Kandang Umbaran juga punya manfaat untuk terapi agar burung merasa lebih bebas dan tidak jenuh dalam sangkar harian.

Cara Menggunakan Kandang Umbaran

Kandang diletakkan ditempat terbuka agar terkena sinar matahari, baiknya dilakukan di pagi hari setelah burung dimandikan. Burung yang dimasukkan tentunya burung yang yang sudah jinak, sehingga akan lebih mudah dalam memasukkan dan mengambil kembali. Burung dilepaskan dengan cara membuka pintu sangkar harian yang dihadapkan dengan kandang umbaran yang terbuka juga, usir burung dari sangkar harian atau pancing dengan makanan agar burung mau masuk kandang umbaran.

Di dalam sangkar umbaran berikan air minum dan bak air buat mandi, selain itu berikan juga bak berisi pasir agar burung bisa bermain dengan pasir tersebut yang disebut dengan mandi pasir. Selama di umbar burung tidak perlu diberi makanan, tapi harus terus di tungguin karena mengumbar hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Berikan tempat tangkringan pada masing-masing sudut sekitar 25 cm dari sisi dinding sudut agar burung bisa terbang kesana dan kesini Pada saat awal permulaan, mungkin burung bingung dan tak mau terbang. beberapa pleci mania juga menerapkan terapi usir agar burung mau terbang, yaitu dengan menggunakan lidi yang pucuknya di kasih tali rafia agar mau pindah kesana kesini. Lamanya pengumbaran tergantung kebiasaan, untuk burung kapas tembak ada juga para pecinta burung yang mengumbar seharian selama 5 hari .

Pada saat malam hari tiba burung tetap dimasukkan di sangkar harian dan pada hari sabtu dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Untuk cara ini tentu saja dalam kandang umbaran juga harus disediakan makanan yang cukup agar burung tetap fit untuk terbang dan berkicau.

Setelah waktu pengumbaran selesai, siapkan sangkar harian yang telah diberi EF cukup, buka pintu kedua sangkar dan buat saling berhadapan. Jika belum mau masuk kedalam sangkar anda bisa memancing burung dengan jangkrik agar mau pindah kedalam sangkar harian, dan bila belum mau pindah usir burung dengan memukul sangkar menggunakan kain kerodong. Setelah burung masuk ke dalam sangkar harian,selanjutnya anda bisa menutup kembali pintu sangkar dan burung kapas tembak siap untuk di gantang di teras rumah, namun jangan buru-buru dikerodong, biarkan burung angin-anginkan sekitar 15 menit sudah cukup.

Sekian artikel saya kali ini jangan lupa baca artikel saya yang lain di indobettafish.com

Incoming Search Terms :

  • perawatan kapas tembak mabung
  • perawatan kapas tembak drop
  • cara merawat kapas tembak untuk lomba
  • cara merawat kapas tembak macet bunyi
  • rahasia kapas tembak buka ekor
  • cara membedakan kapas tembak jantan dan betina
  • kapas tembak banyak diam
  • manfaat tomat untuk kapas tembak

One Reply to “Perawatan Burung Kapas Tembak Agar Mempunyai Suara Keras Dan…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *